Kamus Inti Elektronika, lanjutan…,

RADIO

Radio Channel:

Saluran radio pada jalur frekuensi yang lebar dan dipakai untuk memilih gelombangnya, besar kecilnya saluran gelombang radio tergantung pada jenis transmisi dan emisinya frekuensi terpakai.


Radio Command:

Sinyal radio kemudian yang mendapat tanggapan oleh peluru terkendali atau oleh sirkuit lainnya yang dikendalikan dari jarak jauh.

Radio Communication:

Hubungan jarak jauh yang dilakukan dengan sarana radio, dalam hubungan radio ini tidak memakai saluran kabel atau lainnya, kecuali lewat udara. Antara pengiriman dan penerimaannya dilakukan dengan gelombang elektromagnetis yang ada dalam sistim transmisi yang dibangkitkan oleh susunan komponen yang dipakai dalam radionya.

Radio Control:

Pengemudian jarak jauh dengan gelombang radio.

Radio Frequency:

Frekuensi radio yang didalam rangkaian seringkali disingkat “RF”, dimana hal itu terbagi dalam spektrum elektromagnit antara frekuensinya audio dengan infra merah. Arti lainnya untuk RF ialah Frekuensi yang memiliki daya pancar elektromagnitnya antara 10 KHz sampai dengan 100.000 MHz, disini daya jangkauannya frekuensi ini bisa dilakukan pelacakan dan kuatnya arus listrik dengan frekuensi itu sama frekuensi gelombangnya.

Radio Distress Signal:

Radio yang dipergunakan untuk mengirimkan sinyal tanda bahaya.

Radio Frequency Choke (RFC):

RFC adalah satu komponen yang terpakai juga dalam teknik radio pemancar atau radio penerima biasa model tabung hampa udara, tujuannya pemakaian RFC untuk menghambat dan meredam arus frekuensi radio, dan komponen ini terbuat dengan inti udara dari serbuk besi atau batangan ferit tergantung kegunaannya pemakaian RFC.

Radio Horizon:

Posisi kedudukan tertinggi dikaki langit atau pada titik yang terjauh dimana sinar-sinar tak langsung dari bagian antene bisa bersentuhan dengan permungkaan langit/planit. Dimana bagian permungkaan yang bentuknya bulat itu dikaki langit berupa lingkaran jarak kaki langit yang sangat terpengaruh oleh pembiasaannya atmosfir.

Radio Multiplexing:

Sistem pembagian saluran yang ada didalam rangkaian untuk membagi beberapa saluran, terutama saluran suara, biasa juga diartikan sebagai jalur pembagian frekuensi atau pembagian sinyal, atau bisa juga diartikan sebagai penghubung dalam pembagian pemancar dan penerimanya pada satu sistim antene dengan memakai jaringan yang sudah dibuat untuk itu.

….., bersambung ,….. :)

*sumber : Informasi Era Teknologi Kamus Inti Elektronika, CV. Aneka Solo-1997, Andry Y. Handoko. Dkk.

 

*sumber : Mengenal Hukum Suatu Pengantar, Universitas Atma Jaya Yogyakarta-2010, Sudikno Mertokusumo.

Pos ini dipublikasikan di Hukum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s