Kamus Inti Elektronika

RADIO

Radio :

Pemakaian gelombang elektromagnit untuk penerimaannya maupun untuk pemancaraannya, semua getaran listrik yang bekerja dalam bentuk sinyal gelombang frekuensi radio.

Radio Altimeter :

Alat pengukuran ketinggian gelombang yang dipancarkan, pengukurannya ketinggian tersebut adalah waktu rambatannya gelombang radio bekerja yang dikirim keluar : sehingga terjadi pantulan balik gelombang tadi dan dapat diukur, bisa juga disebut alat pengukuran tingginya gelombang elektronik atau electronic altimeter. Bisa pula dinamakan Reflection Altimeter = alat pengukuran tingginya pantulan gelombang radio.

Radio Beacon :

Pancarannya radio yang tidak terarah sama sekali yang dipancarkan dengan sinyal yang mudah dimengerti oleh penerimaannya. Sehingga gerakan dari pemancarnya bisa dilacak dengan tepat.

Radio Beam :

Sinyal radio yang terkonsentrasi, dimana dalamnya terdiri tegangan frekuensi radio yang dipakai sebagai pemandunya. Termasuk pula penggunaan relay radio atau gelombang mikro. Disini terdapat perbedaan antara berkas sinyal radio dengan yang lain, dan semuanya bisa dilakukan pengukuran dengan penemu arah radio.

Radio Broadcast :

Pusat penyiaran sinyal radio atau stasiun radio pemancar yang tugasnya hanya menyiarkan berita biasa dan hasil siarannya biasa diterima dengan radio penerima biasa.

Radio Broadcast Station :

Stasiun atau pusatnya radio pemancar komersial yang bukan radio pemancar untuk komunikasi. Stasiun radio yang khusus menyiarkan acara hiburan untuk masyarakat ramai. Selain itu juga ada Radio Call Sign (tanda atau kode panggilan) yang dipakai dalam hubungan dengan komunikasi radio. Bentuknya kode panggilan bisa berupa angka atau huruf dengan tujuan untuk mengenali nama stasiun radionya.

….., bersambung ,…..🙂

 

 

Pos ini dipublikasikan di Hukum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s